7 Cerita Menarik di Hanoi, Vietnam

Tahun lalu November 2014, saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Hanoi, yang merupakan Ibukota Vietnam. Saya terpukau oleh beberapa cerita menarik yang saya temukan di kota ini. Kota ini merupakan salah satu favorit perjalanan saya. Mau tahu kenapa?.

Pertama-tama saya ingin menjelaskan bahwa Vietnam sebelumnya merupakan negara perang dan perkembangan sungguh luar biasa. Saya acungin jempol deh. Kalau sudah pada penasaran, okelah saya buka dengan bismillah........ Hahahaha

It's really clean and hygiene

Ternyata jalannya bersih dari sampah plastik, dll. Sepertinya penduduk disana sangat aware untuk tidak membuang sampah sembarangan. Even penjual kaki lima, kalau sudah abis jualan terus dibersihin tuh sampah sampe rapi sehingga tukang sampah gampang ngangkutnya. Setiap pedagang kaki lima pasti punya sapu lidi yang segede gaban untuk bersihin sampah mereka. It's really amaze me. Patut jadi contoh nih buat kita. Terus yang bikin terharu ada tukang sampah cewek masih muda dan masih nyapu jam 10 malem mana lagi musim dingin. Semangat yah mbak semoga engga masuk angin... Klo orang pintar minum "ANTANGIN".... pasti dijamin bablas anginne.

Salah satu jalan di kota Hanoi

The weather is so chill in winter season

Waktu saya kesana cuacanya udah kayak dipuncak. Jam 11 siang aja masih sejuk banget. Saran saya untuk mau ke hanoi. Cek dulu cuaca disana sama staf hotel atau cari info di mbak google biar ga saltum (salah kostum). Bisa berabe kan klo sampe salah kostum.

Motor Versus Mobil..... Why?

Saya baru tahu kenapa penduduk di sana lebih suka menggunakan motor. Hayo kenapa?. Info dari guide tour pas lagi trip ke halong bay kalau pajak mobil disana guede banget mobil daripada harga mobil itu sendiri. Pajaknya bisa 200% untuk mobil keluaran Ahmerika dan Eropa dan 75% - 100% untuk mobil keluaran Asia. Contohnya klo harga mobil cuma 100 juta ditambah pajak 150jt jadi klo dijual kepasaran bisa 250jt. Makanya penduduk disana lebih prefer menggunakan motor apalagi keluaran Honda karena masyarakat disana lebih suka karena lebih irit bensin dan masa manfaatnya lebih lama alias tangguh.



Sepeda listrik

Oh ya disana banyak loh yang menggnakan kendaraan roda dua yang ga pake nomor polisi yaitu sepeda listrik namun tidak bisa digunakan jarak jauh kayak jakarta ke yogya, ya ora isoooo. Saya sering lihat khususnya di daerah pasar malam. Kalo abis dayanya musti charge, bisa membengkak biaya listrik.

Electric bike

Don't into your gadget while roaming in city

Perhatian bagi para traveller kalau mau nyebrang hati-hati ya. Jangan ngeliat gadget waktu menyebrang jalan, bisa-bisa ente masuk UGD. Karena di Hanoi, motor hilir mudik belok kanan kiri tanpa ada lampu lalu lintas. Tidak cuman motor saja, tapi mobil pun turut andil dalam memperkeruh lalu lintas sehingga macet pun tak terhindarkan.


View from the mainstreet

Low speed

Kecepatan kendaraan di Hanoi maupun kota lainnya sangat minimun alias low speed. Pantas saja ketika saya ke Halong Bay, perjalanan 5 jam untuk one way so imagine PP it will be 10 hour. Saat itu saya ikut untuk 1 day trip. Padahal kalau dibanding kalau ke bandung, ke halongbay jaraknya lebih dekat. And you know what, in vietnam, they adopted left hand driving similiar to european style.


Halongbay

Developing its infrastructure

Banyak bangunan-bangunan tinggi sedang dalam tahap pembangunan or even ada yang sudah jadi seperti terlihat ada mall baru yaitu lottemall yang setinggi 75 lantai. Hanya dengan hitungan detik sudah bisa meluncur ke lantai tertinggi. Dari ketinggian kita bisa melihat hampir seluruh kota dan kita bisa foto dari lantai kaca transparant.... Its quite interesting.

View from 75th Floor in Lottemall

Kpop Fashion

Saya sempat mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan dari yang mall sampai ke pasar malam. Fashionnya banyak sekali yang terpengaruh oleh fashion / gaya berbusana di korea. Dan juga di pasar malam kamu bisa mendapatkan jajanan kaki lima kayak toppoki, ramen, kimbap, dll.

ambience in night market

kimbap in night market

Ini termasuk trip favorit saya, karena saya mengexplore budaya, tempat dan masyarakat setempat. So I recommend this city to be on your list for holiday destination. Hope this information will be usefull untuk para traveller sejati. Caooo.

by Widy Indies 
@widybluez

You Might Also Like

2 komentar

  1. Menarik banget bisa ke Hanoi hehehe

    BalasHapus
  2. Ya ampun, kirain Hanoi tuh kota yang kotor. Ternyata bersih gini, ya. Kalau HCMC gimana, Mbak? Sebersih ini juga kah?

    BalasHapus

Twitter

Instagram

Blog Archive